Kepulauan Meranti

Randis Nunggak Pajak Masih Dikumpul, Sudirman Apresiasi Langkah Bupati Meranti

Randis Nunggak Pajak Masih Dikumpul, Sudirman Apresiasi Langkah Bupati Meranti
Kepala UPT Pengelolaan Pendapatan Selatpanjang, Sudirman SH.

MERANTI – Kebijakan Bupati Kepulauan Meranti untuk menuntaskan tunggakan pajak kendaraan dinas (randis) mendapat respon baik dari Kepala UPT Pengelola Pendapatan Selatpanjang, Sudirman SH.

Diketahui hingga saat ini, H Muhammad Adil masih mengintruksikan Bidang Aset BPKAD untuk menahan seluruh randis baik roda empat maupun roda dua dalam kondisi nunggak pajak. Ratusan randis tersebut dikumpulkan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti.


Terkait hal itu, Sudirman SH memberikan apresiasi terhadap kebijakan yang mendorong agar seluruh tunggakan pajak kendaraan dinas bisa dibayarkan.

“Tentunya kita sampaikan apresiasi kepada Bupati Meranti pak H. Adil yang telah mendorong agar seluruh tunggakan kendaraan dinas dapat diselesaikan,” ungkapnya.

Dirinya menyebutkan bahwa apa yang dilakukan oleh Pemkab Kepulauan Meranti merupakan langkah yang tepat guna mendorong pembangunan di Kepulauan Meranti.


“Karena bagaimanapun pajak tersebut nantinya akan kembali ke daerah sesuai dengan ketentuan berlaku. Dan Meranti menurut saya berada ditangan orang yang tepat. Semoga ekonomi meranti makin membaik dibawah kepemimpinan pak H. Adil,” ujarnya.

Baca Juga :  Vaksin Tiba di Riau, Pendistribusian Tunggu UEA BPOM RI

Menurutnya, H. Adil sangat full power dan penuh percaya diri dalam mengambil kebijakan. “Kebijakan itu layak menjadi contoh bagi Pemerintah kabupaten kota lainnya yang mempunyai tunggakan randis,” tuturnya.

Kendati demikian ia siap berkoordinasi dengan Pemkab kepulauan Meranti agar masalah tunggakan pajak tersebut bisa segera diselesaikan.

“Seperti masih ada surat kendaraan yang kurang, sebelumnya Kabag umum juga telah menyampaikan banyak kendaraan yang suratnya tidak ada, dan itu bisa tetap dibuatkan surat pernyataan yang menerangkan bahwa kendaraan tersebut benar kendaraan dinas. Dan itu juga nantinya harus berkoordinasi dengan pihak kepolisian,” pungkasnya.

Bidang Aset Deadline Pengguna Randis Hingga Pekan Depan

Plt Kepala Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kepulauan Meranti Susanti menyebutkan, seluruh kendaraan dinas yang berada didalam maupun luar daerah telah dikumpulkan di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti.

Baca Juga :  Kapolres Beri Penghargaan Kepada Personel Berprestasi Dalam Penanganan Covid19

Namun ironisnya, sebagian besar kendaraan dinas tersebut diakuinya masih menunggak pajak beragam tahun, bahkan sejak tahun 2015 silam

Susanti memastikan kendaraan dinas tersebut akan tetap terparkir di sana dan tidak boleh digunakan selama pajak belum diselesaikan.

“Jadi sebelum kendaraan dinas tersebut belum dilunasi pajaknya, sesuai arahan Bupati itu tidak akan bisa dikeluarkan dan tetap berada di sana,” ungkap Susanti.

Walaupun demikian dirinya mengaku sudah ada sejumlah kendaraan dinas yang dikembalikan.

“Sudah ada yang dikembalikan kepada pegawai maupun pejabat yang berhak karena telah lunas pajak dan telah menandatangani pakta Integritas. Jadi yang menandatangani pakta integritas bertanggung jawab terhadap kendaraan yang dia pegang, selain itu honorer tidak boleh lagi memegang kendaraan dinas,” ujarnya.

Baca Juga :  Polsek Tebing Tinggi Barat Gelar Syukuran dan Santunan Anak Yatim

Sampai saat ini dikatakan Susanti hanya ada 3 OPD yang telah tuntas melunasi kendaraan dinas. “Jadi yang sudah tuntas dan dikembalikan itu BKD, Inspektorat dan Satpol PP, namun di OPD lain ada juga yang sudah membayar tapi belum seluruhnya,” ujarnya.

Selain itu Susanti mengatakan kendala lainnya saat ini saat akan pembayaran adalah masih ada kendaraaan yang tidak lengkap suratnya.

“Karena banyak juga kendaraan yang dari jaman Bengkalis, itu ada yang STNK dan BPKB nya hilang, jadi itu juga sedang kita urus,” tuturnya.

Dirinya menargetkan pembayaran kendaraan dinas tersebut bisa selesai dalam Minggu ini.

“Jadi mulai hari ini masing-masing OPD melakukan pembayaran dan kita targetkan itu selesai hingga Jumat mendatang,” pungkasnya.***


Sumber : Dhamean Hasibuan
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: