Pelalawan

Keluh Warga Langkan Soal Pepohonan Akasia di Pinggir Ruas Jalan

Keluh Warga Langkan Soal Pepohonan Akasia di Pinggir Ruas Jalan
Pepohonan akasia tampak menghalangi sudut pandang para pelintas jalan/Amri

PELALAWAN (LENSAPESISIR.COM) – Kiri kanan sepanjang jalan aspal ke Kelurahan Langgam ditumbuhi banyak pepohonan akasia. Kondisi ini mengganggu jarak pandang saat berkendaraan. Warga pun berharap Pemkab Pelalawan segera melakukan penebangan untuk menghindari kecelakaan.

“Pohon akasia dan jenis lainnya yang tumbuh di kiri kanan jalan aspal di Jalan Pemda menuju Langgam makin tinggi. Kondisi ini sangat mengganggu jarak pandang. Terutama dekat tikungan. Kalau bekum terbiasa sangat rawan adu kambing,” kata Anto (40) warga Langkan, Kamis (14/1).


Solusinya pinta warga tak lain dengan cara pepohonan tersebut ditebang agar pandangan sopir khususnya menjadi lebih jauh. “Kalau pandangan terbatas tentu sangat sulit memprediksi keberadaan kendaraan di depan. Ya, jalan keluarnya pohon yang rimbun yang berbaris sepanjang jalan itu ditebang hingga jangkauan pandangan lebih luas. Sekarang ini, jalan lebar pun tampak menyempit,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mencapai Rp1 Miliar Lebih, 4 Retribusi Diskop UKM Perindag Pelalawan Lampaui Target Penerimaan

“Apalagi di sana banyak belokan manis. Kalau sopir ugalan bisa nabrak kendaraan yang tiba-tiba muncul dari depan. Jalur itu cukup padat, karena jalan mulus,” imbuh Anto yang kerap pulang pergi dari Kecamatan Langgam ke ibu kota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci.

Sisi lain lanjut warga ini, keberadaan pepohonan di pinggiran jalan juga mengntungkan. Karena kontur tanah rawa, hingga menjadi penguat badan jalan agar tidak mudah longsor.


“Tapi ini kan mengganggu pengguna jalan. Cukup saja dipotong, hingga akar kayu tetap menancap ke bumi agar jalan tetap awet. Pemda kan punya dana perawatan jadi bisa untuk melakukan pembersihan pohon yang mengganggu itu,” pungkasnya.

Baca Juga :  Bantuan Kambing Baznas Berkembang

Jalan Pemda ke Langgam ini berawal dari Simpang PT Kalila Jalan Akses PT RAPP sebelum ponton ke arah kanan menuju jembatan Langgam di Kelurahan Langgam.***


Sumber : Amri
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: