Hukrim

Kejari Meranti Segera Gencarkan Giat Antisipasi Radikal dan Terorisme

Kejari Meranti Segera Gencarkan Giat Antisipasi Radikal dan Terorisme
Kasi intel Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti, Hamiko SH

MERANTI – Instansi vertikal yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kepulauan Meranti akan gencarkan antisipasi radikal dan terorisme.

Langkah itu tergagas dalam rapat koordinasi di Ruang Melati Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Kamis (1/4/2021) lalu. Terlebih, jajaran TNI/Polri mulai melakukan peningkatan pengamanan disetiap wilayah.


Termasuk Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Meranti yang mengaku siap ikut membantu mengawasi dan mencegah aksi radikal dan terorisme. Kesiapan itu disampaikan Kajari Meranti, Waluyo SH MH melalui Kasi Intel, Hamiko SH, Selasa (6/4/2021).

Menurut dia, langkah itu merupakan implementasi kegiatan rencana aksi yang digagas Kejaksaan Agung (Kejagung) beberapa waktu lalu. Dia mengatakan pencegahan serta deteksi dini paham radikalisme dan terorisme akan dilakukan bersama stakeholder terkait.

Baca Juga :  Remaja Asal Merbau Dinobatkan Sebagai Kader Posyandu Terbaik Se-Indonesia

“Akan dikonsep terlebih dahulu, selanjutnya kami bersama-sama instansi terkait memberikan pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat terhadap bahaya radikal terorisme,” tutur Hamiko.


Menurutnya, paham radikalisme bisa menyasar siapa saja. Tak hanya anak muda, instansi pemerintahan pun bisa jadi sasaran kelompok radikal.

“Banyak golongan. Jadi bisa saja terkontaminasi paham-paham radikalisme. Kami di sini siap bantu deteksi dan pencegahan,” ujarnya.

Selain itu, Kejari kerap memberi penyuluhan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar hal tersebut bisa dicegah. Hamiko mengatakan, masyarakat harus aktif berperan membentengi diri dan wilayahnya dari radikalisme.

“Masyarakat juga diminta lebih aktif komunikasi dengan penegak hukum. Sehingga bisa beri informasi cepat dan bisa menangkal radikalisme,” tandasnya.***

Baca Juga :  Subuh Keliling, Polisi di Kepulauan Meranti Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Imbauan Prokes Covid-19

Sumber : Dhamean Hasibuan
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: