Kepulauan Meranti

Gesa PKB Dengan Door To The Door

Gesa PKB Dengan Door To The Door
Jajaran UPT Pengelola Pendapatan Selatpanjang lakukan penagihan door to the door

UPT Pengelola Pendapatan Selatpanjang Kembali Sasar Rumah Warga

MERANTI (LENSAPESISIR.COM) – Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pengelola Pendapatan Selatpanjang, Riau kembali melakukan penagihan pajak dengan langsung menyasar rumah warga, Selasa (15/6/2021).


Kegiatan dengan mendatangi langsung rumah warga (Door by the door) kali ini dilakukan di 3 lokasi Selatpanjang sekitar yaitu Jalan Merbau, Jalan Tengku Umar, dan Jalan Pertis.

Pantauan dilapangan, satu persatu petugas tampak satu persatu menyasar rumah wajib pajak sesuai data tunggakan.

Kepala UPT Pengelola Pendapatan Selatpanjang, Sudirman SH mengatakan, giat dilangsungkan tidak hanya untuk melakukan penagihan pajak. Namun juga mensosialisasikan pentingnya membayar pajak.


“Kita membangun komunikasi dengan masyarakat sembari melakukan sosialisasi-sosialisasi dari rumah kerumah guna menyampaikan pentingnya pembayaran pajak tepat waktu. Selain itu, pentingnya pembayaran pajak mengingat pajak adalah sumber pendapatan negara, daerah sebesar 70% berasal dari pajak,” ungkap Sudirman disela-sela giat siang itu.

Baca Juga :  Akibat Pandemi, Tempat Hiburan Dilarang Buka Saat Nataru

Dirinya juga memastikan bahwa penagihan yang dilakukan tetap mengedepankan keramah tamahan dan sopan santun.

Walaupun demikian Sudirman juga mengaku terdapat beberapa kendala saat kegiatan, diantaranya banyak rumah penduduk yang tidak memiliki nomor, pindah rumah, pindah domisili.

“Jadi sewaktu kita konfirmasi ke staff satlantas yang ada di kantor Samsat, mereka bilang KTP masyarakat di Selatpanjang tidak ada nomor rumah. Dan itu sebenarnya sangat menyulitkan, dalam artian membuat kita lambat bergerak,” ujarnya.

Sebagai jalan keluar untuk persoalan tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak RT maupun RW setempat.

“Dalam hal ini kami juga meminta kepada pemerintah setempat melalui camat, lurah, kepala desa, RT dan RW agar dapat mengimbau masyarakat untuk dapat membayar pajak kendaraan. Mengingat camat, lurah lebih dekat dengan masyarakat. Disisilain pentingnya sinergitas antara Kepala UPT Samsat Selatpanjang dengan Camat se Kabupaten Meranti guna tercapainya Dana Bagi Hasil dari PKB antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti,” pungkasnya.***

Baca Juga :  Pemda Meranti Hanya Mampu Usulkan 130 Formasi PPPK
Editor     : Dhamean Hasibuan
author

Redaksi

http://www.tiraipesisir.com

Independent & Demokratis

Follow Me: